The Beauty of Islam

Apakah anda mengetahui arti islam??? Pernahkah anda mengetahui betapa indahnya kehidupan seorang muslim? Jika Anda seorang muslim, pernahkah anda merasa sangat indahnya ajaran agama islam?

Sekedar pertanyaan pembuka saja, namun menurut saya pertanyaan demikian sangatlah penting bagi seorang muslim. Betapa tidak, seorang muslim sungguh sangat beruntung di dunia ini. Karena kehidupan seorang muslim sangatlah tertata sedemikian rupa indahnya. Mulai dari adab berbicara, sampai dengan adab- adab kecil seperti minum, makan, sampai ke kamar mandi. Semua tertulis dengn rapi tanpa ada perubahan dari zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang dalam Al Qur’an, salah satu pedoman umat islam yang suci nan indah.

Kembali kepertanyaan awal, Apakah anda mengetahui arti islam???
islam yang dalam bahasa arab tertulis الإسلام , secara harfiah berasal dari bahasa arab aslama yang berarti tunduk dan patuh, ada juga yang menyebutkan bahwa kata islam berasal dari kata salam yang berati selamat. Pada dasarnya islam berpegang teguh pada Al-Quran serta Hadist, yang diwujudkan dalam rukun islam dan rukun iman di antaranya :

Lima Rukun Islam

Isi dari kelima Rukun Islam itu adalah:

1. Mengucap dua kalimah syahadat dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan benar kecuali Allah SWT saja dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan Rasul Allah SWT.
2. Mendirikan shalat wajib lima kali sehari.
3. Membayar zakat.
4. Berpuasa pada bulan Ramadhan.
5. Menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu.

Enam Rukun Iman

Muslim juga mempercayai Rukun Iman yang terdiri atas 6 perkara yaitu:

1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada malaikat Allah
3. Iman kepada kitab-kitab Allah (Al-Qur’an, Injil, Taurat, Zabur, lembaran Ibrahim)
4. Iman kepada nabi dan rasul Allah
5. Iman kepada hari kiamat
6. Iman kepada qada dan qadar

Islam merupakan agama yang tegas, namun fleksibel. segala aspek kehidupan dalam islam di bahas secara mendetail, sehingga penganut agama islam sangatlah teratur. Mulai dari tata cara berhubungan antarsesama manusia, hingga hal kecil seperti masuk kamar mandi.

bahkan islam mengajarkan sesuatu yang dianggap sangat pribadi dan sangat kecil seperti kutipan hadist Bukhari di bawah ini

“Perkara fithrah itu ada lima –atau lima hal berikut ini termasuk dari perkara fithrah- yaitu khitan, istihdad (menghilangkan rambut yang tumbuh di sekitar kemaluan), mencabut bulu ketiak, menggunting kuku, dan memotong kumis“. (HR. Bukhari no. 5889, 5891, 6297 dan Muslim no. 597)

Selain itu Ajaran islam adalah ajaran yang sangat menjunjung nilai sosialis dan terbukti dalam hadist shahih berikut :

“Tidaklah beriman kepadaku orang yang perutnya kenyang, sedangkan tetangganya (dibiarkan) kelaparan disampingnya, sementara dia juga mengetahui (keadaan)nya” (HR.Ath-Thabarani dan Al Bazzar)

arrahman

” Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”

Subhanallah, betapa indahnya islam. Dan percayalah seluruh lautan takkan mampu membendung semua keindahan islam, apalagi hanya blog kecil dan keterbatasan ilmu saya. Alhamdulillahirabbil alamin, mungkin itu salah satu kata yang tepat untuk semua kaum muslim. Akhir tulisan ini saya tidak henti berkata “kesalahan hanya milik saya al faqir dan kesempurnaan milik Allah SWT”

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 thoughts on “The Beauty of Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s