Instal OpenNebula di Opensuse 11.3

Assalamualaikum, wr wb

OpenNebula adalah software dengan lisensi open source yang berfungsi sebagai management operating system berbasis virtualisasi, seperti Xen, VMware, KVM. Instalasi software ini sendiri sangat mudah, karena pada opensuse sudah mempunyai repositori untuk nebula. Berbeda saat opennebula pertama kali release, harus install paket dependensi yang dibutuhkan opennebula satu persatu. Oke, langsung saja..

Masuk ke mode root pada terminal opensusenya :

# zypper ar -f http://download.opensuse.org/repositories/Virtualization:/Cloud:/OpenNebula/openSUSE_11.3 OpenNebula_Repository

Instal OpenNebula dengan command :

# zypper in opennebula

Kemudian akan ada persetujuan untuk repositori baru :

Do you want to reject the key, trust temporarily, or trust always? [r/t/a/?] (r) —–> (ketik a di sini)

Tunggu hingga selesai proses instalasinya…..

Yup, mudah bukan! Karena yang agak sulit adalah konfigurasi saat ingin mengintegrasikan opennebula ke virtual OS yang ada. Insyaallah sesi selanjutnya akan saya tulis cara konfigurasinya. Berhubung saya sudah memiliki domain sendiri anda bisa membaca lengkap tutorial tentang opennebula pada web saya yang baru disini http://www.technesia.net/blog/instalasi-opennebula-pada-opensuse/

Wassalamualaikum, wr wb


9 thoughts on “Instal OpenNebula di Opensuse 11.3

  1. Assalamualaikum

    Sudah berhasil sampai konfigurasi dan deploy VM nya blom bro? Saya juga sedang mencoba membuat private cloud dengan ubuntu server lucid LTS, tapi masih blom berhasil deploy VM karena permasalahan di imagenya saya rasa. Semoga bisa saling bertukar informasi untuk ngoprek si OpenNebula-nya.

    • kebetulan pernah juga install di ubuntu, kalo di ubuntu udah sampe deploy.. kebetulan waktu itu web console nya pake emanagement…

    • deploy pake iso image biasa… karena opennebula nya pake system nfs, jadi lebih no problem…. tapi ntah kenapa kalo di opensuse agak sulit bro…

  2. salam kenal,, teman2,,, udah setahun lebh ya..
    smoga masih dibaca,, saya lagi ingin mengambil Proyek Akhir saya tentang Open Nebula juga ini..
    teman2 mau membimbing saya dalam pengerjaan penginstalan open nebula..
    mohon bantuan teman2.. kalau mau bisa email ke saya : dimasque@gmail.com
    terimakasih

    • yup…opennebula juga sudah sangat berbeda dari versi sebelumnya, untuk instalasi opennebula anda harus menyiapkan paling tidak 2 mesin. Bisa menggunakan vmware/ virtualisasi lain jika untuk simulasi.

Leave a Reply

