Instalasi Zimbra 7 di ubuntu 10.04 Part 2

Assalamualikum wr, wb.

Sebelumnya kita sudah membahas, bagaimana cara menyiapkan sebuah server untuk dijadikan zimbra mail server. Jika anda belum membacanya bisa ke alamat ini Installasi Zimbra 7 di ubuntu 10.04 Part 1. Selanjutnya kita akan menginstall paket zimbranya sendiri. Pastikan anda sudah mendownload paket zimbra dari webnya, disini saya menggunakan zcs-7.0.0_GA_3077.UBUNTU10_64.20110127202143.tgz. Berikut langkah – langkahnya :

Periksa port – port yang ada, karena zimbra secara default memakai port 25, 80, 110, 143. Karena nantinya jika ada port yang sudah digunakan akan ada masalah saat installasi.

# lsof -i -n -P

Perhatikan yang saya beri kotak merah, pastikan tidak ada port – port yang dibutuhkan zimbra.

Langkah selanjutnya ekstrak zcs-7.0.0_GA_3077.UBUNTU10_64.20110127202143.tgz yang sebelumnya sudah di download.

# tar zxvf zcs-7.0.0_GA_3077.UBUNTU10_64.20110127202143.tgz

Masuk ke directory hasil ekstrak, dan cari file install.sh. Kemudian eksekusi

# ./install.sh

Ketik Y untuk menyetujui license agreementnya. Selanjutnya, zimbra akan mengecek paket – paket yang diperlukan.

Jika tidak ada error, atau semua paket sudah terpenuhi dapat dilanjutkan dengan pemilihan software yang terinstall pada zimbra. Hal yang perlu diperhatikan adalah pilihlah paket sesuai kebutuhan. Pada suatu contoh jika anda tidak menginginkan LDAP, maka lebih baik tidak dipilih saat proses instalasi. Pemilihan paket yang sesuai akan menentukan performa server itu sendiri. Namun jika anda belum mengetahui apa yang harus dipilih, bisa memilih semua software yang ada pada zimbra untuk diinstal. Karena pada contoh instalasi ini saya memilih untuk menginstall semua paket, cukup enter – enter saja saat pemilihan paket instalasi.

Setelah anda menyetujui untuk continue, proses instalasi akan berlangsung.

Setelah ini akan muncul pesan seperti di bawah. Kita menggunakan hostname zimbra.mailzimbra.com, dan yang kita set record mx adalah domain [mailzimbra.com], karena kita memang inginnya zimbra menghosting domain mailzimbra.com. Jika anda benar dalam mengisi domain hostnamenya, maka yang akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Sekarang anda kita akan memeriksa beberapa kekurangan yang ada di settingan zimbra kita.

Perhatikan tanda ******** yang ada pada layar terminal anda. Tanda tersebut menyatakan jika ada yang kurang pada bagian tersebut. Di contoh ini, yang kurang adalah Admin Password yang belum di set. Admin Password berada di nomor 3. Maka pada pertanyaan “Address unconfigured (**) items (? – help)” ketik —-> 3

Setelah anda mengetik 3 pada layar terminal. Anda akan dihadapkan kembali dengan tanda ** kembali. Tanda bintang atau asteriks ada pada no 4, maka anda ketik angka 4 pada pertanyaan “Select, or ‘r’ for previous menu [r]

Ketikkan password yang anda inginkan untuk login admin pada zimbra. Jika tidak di set, maka password default sesuai pada terminal anda yang akan dipakai yaitu 6MAj_Ma1t6 .

Perhatikan dari no 1 – 24 sudah tidak ada lagi tanda bintang / asteriks lagi, artinya konfigurasi untuk zimbra anda sudah tidak ada masalah. Ketik r untuk kembali ke menu utama, dan melanjutkan proses compile nya.

Proses compile akan berjalan hingga finish, untuk mengetes zimbra anda berjalan atau tidak? Anda bisa buka alamat https://172.17.77.144:7071 untuk login admin dan http://172.17.77.144 untuk login mail.

Jika semua dilakukan dengan benar, maka tidak akan ada masalah. Selanjutnya tinggal manage zimbra mail yang telah terinstall pada perusahaan anda.

referensi :

vavai.com

ngadimin.com

Wassalamualikum Wr, Wb

3 thoughts on “Instalasi Zimbra 7 di ubuntu 10.04 Part 2

  1. Kalau kita sudah hosting domain bagaimana konfihurasi dns server, terimas kasih .
    Apabila server zimra ada dibelakang mesin firewall port berapa saja yang seharusnya dibuka
    Artikel yang bagus dan menarik.

    • jika memang sudah hosting domain, settingan DNS nya tetap sama, namun ada penambahan CNAME saja. Pointing atau NAT ke Ip public pada ISP anda, gunakan DNS ISP yang memiliki IP public tersebut. Atau tinggal atur saja di router atau firewall anda. Adapun port yang dibuka saran saya hanya port 25 (SMTP), 80 (HTTP), 110 (POP), 143 (IMAP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s