Review ESET NOD32 Antivirus 4 beta in Ubuntu Karmic

Assalamualaikum wr, wb

ESET, salah satu provider antivirus komputer mengeluarkan beta version NOD32 for linux. Tidak seperti sebelumnya, versi yang sekarang sudah berbasis GUI. User akan sangat mudah mengkonfigurasi atau melakukan scan layaknya pada versi windows. Interface atau tampilannya hampir tidak ada bedanya dengan versi windows, namun akan terlihat sekali perbedaannya jika kita masuk dalam mode advance. Terlihat lebih sedikit fitur nya dibandingkan versi windows. “Hemmm… masa linux dibandingin sama windows sih… hehehe”.



Instalasi

Instalasi sangat mudah, karena file nya sendiri sudah linux executable. Anda tidak perlu compile lewat terminal, tarbal packet, atau source. Hanya klik 2x dan ikuti tampilan petunjuknya. Kebetulan saya menjalankan lewat terminal terlebih dahulu. masuk ke directory penyimpanan NOD32 nya. setelah itu ketik di terminal :

./ueav.i386.linux

isikan password root, kemudian tunggu proses konfigurasi terminal

Setelah itu akan muncul GUI instalasi mirip saat instalasi di versi windows, hanya next kemudian pilih konfigurasi yang kita mau. Karena saya user awam null, maka saya hanya next- next saja, tanpa mengubah settingan default instalasi. Kemudian Tunggu proses berjalan hingga selesai.

Setelah proses selesai restart pc null, hehehe… tidak usah deh, saya cuma bercanda, kalau di windows mungkin ada perintah untuk merestart pc, tapi di linux tidak perlu, kecuali proses instalasi yang merubah kernel atau sistem.

Interface

Interface atau tampilan nod32 tidak jauh berbeda dengan versi yang release di windows. Hal ini memudahkan pengguna untuk memaksimalkan kerja antivirus ini.

Resource memory

Penggunaan memori yang di pakai software ini cukup sedikit. Dalam keadaan Full load atau full scan maksimal berkisar antara 5mb – 15mb. Cukup sedikit bila di bandingkan pidgin yang bisa sampai 10mb pada keadaan idle.

Engine dan Database

Mungkin saya hanya bisa menjabarkan sedikit, karena saya bukan expert user. Cuma analisa logika saja null, Engine yang digunakan jelas berbeda dengan engine windows, namun database yang digunakan menunjukkan angka yang sama dengan database virus pada versi windows. Hemmm… jadi terfikir berarti bisa diarahkan ke update mirror versi windows. Tapi ini cuma asumsi loh…!!!!

Dah ah.. segitu dulu, maklum cuma nubie, jadi g bisa komentar banyak. Oh iya, tidak perlu takut dengan license. Karena versi beta ini free for tes, jadi tidak perlu bayar untuk menggunakannya. Setidaknya sampai 3 Bulan kedepan. Installernya dapat di unduh disini 32bit 64bit. Baca juga spesifikasi minimum untuk software ini.

Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s